Senin, 06 Juni 2011

Bali dan Malaysia merupakan tempat wisata Musim Panas

Asia Pasifik termasuk Indonesia, untuk memberikan data seputar tujuan-tujuan wisata populer yang paling banyak dicari sepanjang April 2011, dan juga menggabungkan data dari November dan April 2010 sebagai perbandingan.

Menurut data statistik terbaru, berdasarkan pencarian dan frekuensi peringkat, berikut adalah lima tujuan wisata dalam negeri terpopuler yakni Bali, Bandung, Maluku, Batam dan Medan.

Yang menariknya, pada hasil pencarian pada April 2011, Malaysia menjadi tujuan wisata paling populer bagi pengguna internet di Indonesia, mengungguli Jepang dan Perancis, yang menduduki peringkat teratas pada dua periode sebelumnya pada April dan November 2010.

Sementara itu, di Malaysia, pencarian umum tentang Indonesia, dan pencarian khusus tentang Bali menduduki peringkat teratas pada tujuan wisata internasional setelah Jepang, Singapura, dan India. Madrid menduduki peringkat kedua pada pencarian tujuan wisata luar negeri terpopuler (posisi ini diduduki Israel dan Australia pada dua periode sebelumnya).

Sementara Singapura, Hongkong dan Tokyo menduduki peringkat ketiga, empat, dan lima. Tempat penginapan paling dicari, menunjukkan tren menarik bagi warga Indonesia.

Data hasil pencariannya agak berbeda dengan data April 2010 di mana pencariannya tidak merujuk pada brand hotel tertentu, melainkan hanya informasi umum seperti hotel di Bali?, hotel di Gunung Bromo?, dan hotel di Yogyakarta?.

“Menarik mengetahui Bali masih menjadi tujuan wisata dalam negeri terpopuler di Indonesia pada April 2010, November 2011, dan April 2011,” kata Henryl Moreno, Manager, Editorial for Search & Platforms di Asia Tenggara dalam keterangan pers-nya kepada Tribunnews, Senin (6/6/2011).

“Sementara jumlah kata kunci pada pencarian yang dikumpulkan oleh Yahoo! APAC telah meningkat rata-rata 121% dan ini merupakan bukti kuat bahwa permintaan perjalanan/liburan telah meningkat.

“Yahoo! Search Trends mengumpulkan dan mengkalkulasi jutaan pencarian yang terjadi setiap hari di seluruh properti Yahoo! untuk menekankan pada apa yang orang-orang pikirkan dan bicarakan,” ungkapnya.